Pages

Rabu, 07 April 2010

Latar Belakang Penulisan Ilmiah

Dalam penulisan ilmiah ini saya mengambil materi mengenai prediksi potensi kebangkrutan suatu perusahaan. Sebuah perusahaan didirikan dengan tujuan untuk dapat melakukan bisnis dan terus berkekembang serta dapat menghasilkan profit yang semaksimal mungkin. hal ini sesuai dengan konsep Going Concern yang terdapat dalam konsep dasar teori akuntansi yang mengatakan bahwa perusahaan itu akan hidup terus, dalam arti diharapakan tidak akan terjadi likuidasi di masa yang akan akan
datang. kebangkrutan adalah suatau kondisi dimana seorang debitur sudah tidak mampu memenuhi kewajiban-kewajibannya atau hutang-hutangnya dan bersedia dinyatakan bangkrut.
dalam penulisan ilmiah ini saya mengambil model penelitian Altman Z-Score, karena teori-teorinya akurat dalam memprediksi tingkat kebangkrutan perusahaan.
Sedangkan objek penelitian yang saya pilih adalah PT Wijaya Karya karena perusahaan tersebut tergoong dalam perusahaan milik BUMN yanh telah go publik.
Prediksi kebangkrutan berfungsi untuk memberikan informasi bagi pihak-pihak yang membutuhkan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan apakah akan mengalami kesulitan keuangan dimasa yang akan datang atau tidak, manfaatnya bagi pemilik perusahaan ialah digunakan untuk mengambil keputusan apakah ia akan tetap mempertahankan kepemilikannya atau akan menjualnya dan menanamkan modalnya di perusahaan lain, dan bagi investor manfaatnya adalah sebagai bahan pertimbangan dalam berinvestasi dalam suatu perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar