Pages

Minggu, 18 April 2010

Diawali dari Dapur Rumah Menuju Pasar Ekspor Dunia


Kerja keras, ketekunan, dan tak mudah putus asa. Inilah prinsip pemilik CV Markisa Cemerlang, Chairul A Halim, dalam membesarkan usaha pengolahan buah markisa menjadi sari markisa maupun pulp.

Hasilnya sangat mengagumkan. Kendati masih menggunakan dapur dan pekarangan belakang rumah sebagai lokasi usaha, produknya telah mampu menembus pasar ekspor di Asia, Australia, hingga Eropa. Dia pun berhasil meraih berbagai penghargaan, mulai dari tingkat lokal hingga nasional, di antaranya penghargaan upakarti dalam hal gugus kendali mutu produk dari Presiden RI.

Usaha pengolahan buah markisa mulai dijalankan Chairul 1996 silam dengan modal awal sekira Rp5 juta dan tenaga kerjanya istri dan anak-anaknya. Prosesnya produksinya pun sangat sederhana, hanya menggunakan pisau dan sendok sebagai alat pengeruk buah markisa.
Chairul berangan bisa mengembangkan usahanya, terutama menembus pasar ekspor. Untuk mewujudkan angan tersebut, dia berharap, Pemerintah Sulawesi Selatan mendukung pengembangan budi daya markisa dan promosi.

Ulasan:
Semua orang memiliki kesempatan yang sama dalam segala hal, tergantung dari usaha orang tersebut untuk berusaha meraih kesempatan itu,jika seseorang memiliki semangat kerja keras yang tinggi pasti dapat memcapai hasil yang tinggi juga.
jadi usaha dalam bidang apa saja jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh pasti akan berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar