Pages

Senin, 29 November 2010

E-Commerce

e-Commerce merupakan penyelenggaraaan perdagangan dengan teknologi Internet: Electronic Data Interchange (EDI)
*Permasalahan:
•Kepercayaan penjual dan pembeli
•Mekanisme pembayaran dan pengiriman barang/jasa
•Hukum perundang-undangan

* Electronic Data Interchange
•Hanya ada sekali data entry
•Mengurangi kemungkinan error
•Mengurangi penggunaan kertas
•Mengurangi kebutuhan perangko
•Meningkatkan otomasi prosedur
•Mengurangi kebutuhan gudang




Electronic Fund Transfer
•Sudah mulai dibiasakan (ATM, Kartu Kredit, Kartu Debet, dsb.)
•Pada dasarnya menggantikan fungsi cek/giro melalui EDI




Jenis e-Commerce
•B2C (business to Consumer): penjualan barang dan jasa langsung ke komputer
•B2B (Business to business): pengiriman barang/jasa/uang antar unit bisnis
•C2C (Consumer to Consumer): penyelenggaraan sistem barter, penjualanan barang antar konsumer.




Sistem Pembayaran
•Banyak tersedia sistem pembayaran: ATM, CC, dsb.
•Permasalahan
•Internal: dari pelaku bisnis
•External: dari pihak ketiga yang sengaja melakukan kejahatan atau penggangguan

Masalah Internal
•Kecelakaan atau kegagalan kerja sistem
•Akuntabilitas yang lemah: kesulitan memastikan otentikasi pelaku dan otorisasi transaksi
•Kesengajaan membuat masalah
•Kecurangan

Masalah Eksternal
•Penyusup: ada kesengajaan orang-orang tertentu dengan tujuan kejahatan secara langsung atau iseng
•Virus: penyusupan tidak langsung dilakukan oleh orang tertentu namun oleh program komputer yang dapat menyebar dengan sendirinya
•Kriminal

Kontrol/pengendalian kejahatan e-commerce
•Mengembangkan SDLC: system development live cycle
•Pemasangan Anti Virus
•Sistem otentikasi pesan
•Log: catatan semua aktivitas
•Sistem Monitoring

0 komentar:

Posting Komentar